penyebab sering masuk angin dan cara mengatasinya

Masuk angin sekarang sudah di anggap sebagai masalah serius bagi beberapa orang, bahkan bagi mereka yang mudah masuki angin. Tentu jika sudah di rasakan akan mengganggu aktivitas ataupun kegiatan rutin lainnya, seperti halnya pekerjaan.
Ada beberapa orang yang memang kebal terhadap masuk angin dan ada juga mudah merasakan masuk angin itu karena sistem kekebalan tubuh yang berbeda.
Sistem kekebalan tubuh atau imun dalam bahasa kedokteran adalah sistem pertahanan tubuh manusia yang berfungsi sebagai perlindungan terhapat beberapa ancaman penyakit, seperti perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit.
Masuk angin juga bisa dirasakan seseorang akibat faktor cuaca, saat kondisi hujan biasanya menjadi pengaruh besar terjadinya masuk angin.

Mungkin bagi sebagian orang menganggap masuk angin menjadi hal yang biasa, tapi bagi orang-orang yang memiliki sistem imun yang lemah ini bisa menjadi masalah yang serius.
Maka dari itu infartikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengatasi masuk angin dan apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya masuk angin.

masuk angin

Angin malam

anda sering keluar pada malam hari ? salah satu penyebab anda masuk angin karena dinginnya udara atau angin ada malam hari, karena saat pada malam hari angin menjadi dingin dan mudah mempengaruhi kondisi tubuh yang lemah.
Angin pada siang hari dan malam hari sangat berbeda, pada malam hari angin mengandung zat asam arang atau karbondioksida dimana zat ini bisa menurunkan daya tahan seseorang.
Coba lebih berhati-hati jika sedang memiliki suatu pekerjaan pada malam hari, apalagi bepergian dengan jarak yang cukup jauh.
Anda bisa melindungi dari masuk angin dengan cara memakai jaket yang tebal, ini sangat membantu bukan hanya menepis masuk angin namun juga bisa menghangatkan badan anda. Selain jaket anda juga harus memakai masker atau minyak yang bisa menghangatkan tubuh, masker berfungsi mengurangi terjadinya masuk angin lewat mulut.

Mengkonsumsi  Vitamin C

Bagi anda yang telah sadar memiliki daya tahan yang lemah, bisa di atasi dengan sangat mudah.
Hal yang mengerikan mungkin bisa dirasakan bagi yang memiliki daya tahan tubuh buruk, seperti pusing lemas dan bisa juga demam.
Tahap awal masuk angin biasanya di tandai dengan perut kembung atau susah bergerak karena perut terasa sakit, namun tenang saja ini bisa di atasi.
Vitamin C memiliki manfaat yang sangat manjur bagi meningkatkan daya tahan tubuh, Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit.
Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam yang bernama askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular.
Anda pasti sudah mengetahui apa saja makanan yang mengandung vitamin c, seperti jeruk,lemon, atau blimbing.
Mungkin anda belum mengetahui betapa bagusnya memakan buah blimbing yang tidak kalah dengan buah-buahan lainnya,  buah blimbing sangat banyak khasiatnya selain bisa mengobati masuk angin.
diantaranya anti inflamasi, nalgesik, diuretik,batuk, sakit tenggorokan, demam,diabetes, kolesterol.
Sebetulnya tidak juga di haruskan karena bukan hanya buah blimbing yang memiliki khasiat seperti itu, banyak juga cara tradisional lainnya yang sangat mudah dicari. Atau jika anda malas memakan buah karena tidak tahan dengan rasa asamnya, anda juga bisa membeli obat herbal untuk masuk angin ke apotek atau mengunjungi dokter.

Sup Ayam

Siapasih yang ngga doyan sup ayam ? hampir semua orang sangat mengidamkan makanan yang lezat ini.
Dari rasa dan aromanya saja sudah menggugah selera, namun siapa sangka selain kelezatannya itu ternyata sup ayam memiliki khasiat bagus selain bikin perut kenyang.
Ini sudah saya buktikan sendiri ketika saya pulang dari kantor malem dan mengalami masuk angin, kemudian saya memakan sup ayam dan alhasil angin keluar.

Sedikit informasi juga yang berkaitan dengan sup ayam, meskipun memiliki beberapa manfaat namun sup ayam juga tidak disarankan bagi beberapa orang karena beberapa hal seperti ;

Penderita asam lambung
Bagi anda yang mempunyai penyakit asam lambung tidak di sarankan untuk mengkonsumsi sup ayam, karena sup ayam memiliki efek perangsang bagi sekresi asam lambung.

Penderita penyakit empedu
bagi anda penderita infeksi kantong empedu dan penyakit batu empedu harus berhati-hati dengan suo ayam, karena lemak yang terkandung dalam sup ayam akan membutuhkan peranan cairan empedu. Sehingga jika anda mengkonsumsi akan menyebabkan kantong empedu menyusut dan membuat infeksi kantong empedu dapat kambuh kembali.

Tekanan darah tinggi
sup ayam atau sup lainnya harus di jauhi bagi anda penderita darah tinggi karena dapat menyebabkan pengerasan bagi pembulu darah, selain itu bisa meningkatkan tekanan darah yang mungkin parah.
Hal yang terjadi ketika sup ayam telah di cerna atau masuk dalam tubuh, maka kadar kolesterol darah akan meningkat. Sebab kadar kolesterol yang berlebihan akan tertahan dan tertimbun di dalam pembuluh darah, jika hal itu terjadi maka akan menyebabkan pengerasan pembuluh darah dan penyakit lainnya.

Mungkin bukan hanya itu saja yang menjadi pantangan bagi anda yang memiliki penyakit seperti itu untuk tidak mengkonsumsi sup ayam, jika anda ingin mengetahui informasi yang lebih silahkan konsultasi dengan dokter terhadap penyakit yang anda miliki.

Kerokan

Selain mengkonsumsi beberapa makanan, ada juga cara tradisional yang sudah di terapkan sejak zaman dahulu.
Metode seperti ini hanya ada di indonesia, kalaupun ada di luar negeri itu caranya sedikit berbeda.
Biasanya kerokan dilakukan dengan cara menggosok bagian punggung dengan minyak, punggung kemudian di gosok dengan koin atau tangan saja. yang melakukannya bisa di lakukan bagi siapa saja asal dengan cara yang benar. kerokan sudah banyak di lakukan oleh banyak orang, bahkan sudah dianggap sebagai obat masuk angin tradisional.
Ternyata meskipun terlihat sederhana, kerokan memiliki khasiat sebab pada saat punggung di kerok maka tubuh kita akan menghasilkan zat alami thiamin yang berfungsi untuk mengurangi rasa skit masuk angin dan mencegah terjadinya sakit perut.
Tapi jujur saja saya sendiri tidak terlalu sering melakukan ini, karena alasan geli saat di gosok. Tapi tidak ada salahnya bagi anda mencoba melakukan cara tradisonal ini.

ARTIKEL SEBELUMNYA 10 hewan unik di indonesia dengan julukan yang aneh

Baiklah mungkin itu saja informasi yang bisa saya bagikan kepada kalian, semoga bermanfaat dan bisa menjaga menjaga kesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel