10 nama hewan unik yang ada di indonesia

Indonesia itu bukan hanya kaya akan budaya dan adatnya guys, melainkan flora dan fauna nya pun  termasuk menjadi sesuatu yang di banggakan oleh kita sebagai warga negaranya.
Namun semua itu harus kita rawat dan jaga, agar tetap terjaga dan terus ada sampai generasi berikutnya. Sekarang itu sesuai fakta yang ada, sudah banyak hewan-hewan unik yang sering di buru oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Sehingga yang terjadi adalah kelangkaan terhadap hewan-hewan itu, padahal mereka sudah di lindungi. Nah tapi kali ini saya akan membahas beberapa nama hewan yang unik, mungkin kalian juga pernah melihatnya ya di sekitar rumah atau di kebun binatang mungkin.
Sedikit pengertian nih guys tentang hewan yang sudah saya kutip dari beberapa sumber ;
Hewan atau binatang atau satwa atau fauna adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan Animalia atau metazoa, merupakan salah satu jenis makhluk hidup . Secara etimologi, hewan dalam bahasa Inggris adalah ‘animal’ yang berasal dari bahasa Latin yaitu ‘animalis’ yang berarti memiliki napas.

Baiklah mari kita bahas tentang 10 nama hewan unik yang ada di indonesia

1. APHID
www.aphotofauna.com
Hewan yang berukuran mini ini merupakan sejenis kutu atau lebih tepatnya kutu daun. Kenapa di juluki kudu daun ? karena emang tempat tinggalnya di daun, semua aktivitas dalam hidu si kutu ini Cuma di dedaunan. Dari cara mereka bertahan hidup mencari makanan dan bekembang biak semua di lakukan di pepohonan.
Kita biasanya sering melihat kutu Cuma ada di rambut kepala ternyata tidak yah, ada juga kutu yang hidupnya di daun.
Nama latin kutu daun ini adalah Toxoptera aurantii atau jika di artikan kutu daun hitam, tapi meskipun mempunyai nama latin yang unik kutu daun itu ada pula yang menyebut afid.  Afid ini karena tinggalnya di pepohonan maka dia akan memakan segala jenis dedaunan atau bahkan tanaman pangan, inilah sebabnya para petani sangat terganggu akan keberadaanya karena kutu air ini hama.
Ada 3 jenis kutu daun guys, diantaranya kutu daun coklat atau toxoptera citricida, kutu daun hijau atau myzus persicae dan terakhir yang sedang kita bahas ini guys kutu daun hitam atau Toxoptera aurantii. Namun dari semua jenis yang hampir sama itu ternyata ada perbedaannya guys, ternyata aphid ada yang memiliki sayap dan ada juga yang tidak memiliki sayap.

2. BANGSAT
Kutu busuk itulah namanya, mungkin dari kalian kutu ini jarang di lihat keberadaanya karena mereka senang tinggal di tempat tidur.
Nama lain dari kutu busuk ini kepinding atau tumila adalah salah satu serangga parasit yang tergolong dari keluarga cimicidae, awas anda harus berhati-hati karena kutu busuk ini suka menggigit dan meminum darah. Apalagi karena keberadaanya tidak kita sadari, bisa saja berada di bantal atau lipatan slimut maka dari itu anda harus rutin membersihkan area kamar tidur sampai ke sela-sela.
Kutu busuk ini hanya aktif pada malam hari guys maka dari itu dia akan beraksi saat korbannya telah tertidur pulas, dia juga sangat agresif. Untuk mengenali tanda-tanda semalam telah di gigit kutu busuk, biasanya orang akan mengalami gata-gatal dan bentol di sertai rasa panas. Hewan ini mulai merebak di indonesia sekitar pada tahun 1970an, saat itu kutu busuk hanya terdapat di rumah yang lingkungannya berdekatan dengan sawah atau ladang tapi tidak ada salahnya bagi rumah yang bersih harus menjaga tempat tidurnya.

3. CEREK
www.biology4earth.wordpress.com
Sudah pernah melihat burung itu ? sesuai  julukannya cerek jawa memang sering di jumpai di tanah jawa tepatnya di kepulauan kangean dan merupakan juga hewan endemik pulau jawa, meskipun di indonesia ada cerek namun di negara lain pun terdapat juga cerek dengan jenis yang berbeda.
Adapun beberapa jenis burung cerek yang berada di indonesia diantaranya cerek jawa ( charadriud javanicus ), cerek tilil ( chadrius alexandrius ), cerek pasir besar ( chadrius leschenaultii ) dan terakhir adalah cerek kalung kecil ( chadrius dubius ) mereka semua itu rata-rata bertempat tinggal dan berkembang biak di tepi pantai atau tepi sungai.

4. KAMPRET
www.kids.nationalgeographic.com
Kampret adalah sebutan lain dari kelelawar yang berukuran kecil, bahasa latin kampret adalah microchiroptera.  hewan ini lebih sering aktif di malam hari, jenis makanan dari kampret biasanya sejenis serangga. Bukan hanya ada di indonesia kampret juga terdapat di luar negeri salah satunya di amerika serikat bagian selatan, namun bedannya terdapat 3 jenis microbat yang bertahan hidup dengan meminum darah seperti burung dan mamalia besar lainnya.

5. LIPAS
www.bugguide.net
Gimana setelah melihat hewan ini ? sedikit geli yah jika kita bertemu hewan itu, misalkan di kamar mandi atau tempat yang ekstrim misalnya di ruangan yang sempit lalu tiba-tiba ada lipas atau kecoa lewat.
Hewan ini biasanya menjadi musuh bagi para wanita yang melihatnya, bahkan sampai teriak minta tolong.
Kecoa atau coro adalah merupakan hewan sejenis hewan insecta dari ordo blattodea yang memiliki 3.500 spesies di golongkan 6 keluarga sejenis. Kecoa ini sudah banyak terdapat di penjuru dunia loh, kecuali di daerah kutub, namun untuk di indonesianya sendiri kecoa biasa berwarna coklat tegas dan bernama latin periplaneta brunnea/lipas coklat. Sejarah mencatat kecoa ini berasal di temukan di tanah afrika, dan disana sangat banyak sekali kecoa.

6. OSKAR FISH
jfb-levage.com
Ikan yang sangat indah jika dilihat dari akuarium, oscar fish adalah ikan sejenis ikan hias air tawar dan memiliki nama latin astronotus ocellatus. Memang jika dilihat ukuran dan bentuk fisiknya mirip dengan ikan nila atau mujair, ikan yang memiliki warna dasar hitam dan di hiasi indah corakan orange ini merupakan ikan hias yang berasal dari negara-negara amerika latin seperti diantaranya di negara peru,ekuador,brazil,kolombia,french guiana dan juga sering di jumpai sungai amazon. Di habitatnya ikan oscar ini termasuk ikan yang rakus, bisa memakan ikan kecil atau buah-buahan yang telah jatuh dari atas pohon.
Bukan hanya berwarna dasar hitam orange saja, adapula oscar albino polos atau putih dengan tetap bercorak orange.

7. SOTONG
tuttjaquatics.blogspot.com
Sotong atau juga di sebut ikan nus yang memiliki nama latin sepia officianalis adalah merupakan binatang yang hidup di danau ataupun laut, ikan sotong sangat mudah di jumpai karena sotong bisa hidup di hampir semua jenis perairan seperti air tawar,air payau, ataupun bisa hidup di air asin.
Sotong memiliki cangkang yang tersusun dari kapur yang cukup keras, dengan bentuknya seperti di gambar itu sotong sering di kaitkan dengan cumi-cumi padahal berbeda dari bentuk fisiknya jika cumi-cumi memiliki cangkang yang lunak dan cumi berbentuk slinder.

8. TANGKASI
inaturalist.org
Tangkasi ini berasal dari hutan di sulawesi utara, bernama latin tersius tersier primata yang berukuran kecil berwarna coklat dengan warna bulu kelabu dan beramat besar serta telinga yang mengarah ke depan ini doyan memakan-makanan seperti biji dan buah-buahan. Yang lebih uniknya lagi hewan ini mampu memutar kepala hingga 180 derajat kanan atau ke arah kiri, dengan kelebihannya ini tangkasi sulit untuk di tangkap tangan.
Dengan bentuk fisik yang sedikit menakutkan apalagi salah satu hewan yang aktif di malam hari, tangkasi sampai ada yang menjuluki monyet hantu. Tangan dan kakinya memiliki 5 jari serta cakar yang lumayan tajam, matanya dapat melihat tajam pada kegelapan malam namun pada siang hari dia tidak bisa melihat dengan jelas.

ARTIKEL SEBELUMNYA 10 air terjun tertinggi dan terindah di dunia

9. TERWELU
commons.wikimedia.org
Terwelu atau dengan nama latin lepus yang terdiri dari 32 spesie ini adalah hewan mamalia yang termasuk dalam golongan keluarga leporide, dengan bentuk kapala yang kecil berkumis panjang dan memiliki telinga yang unik saayt di tarik akan memanjang hingga ujung hidungnya. Warna bulu kelabu coklat dan berwarna putih pada bagian perut terwelut sangat banyak orang yang menyangka bahwa ia adalah sejenis kelinci, memang betul terwelu sejenia kelinci namun kelinci liar.
Tidak jauh berbeda dengan kelinci lainnya, turwelu serinhg memakan rumput, tunas tanaman dan ia juga terkadang memakan buah-buahan. Turwelu berkembang biak dan bertahan hidup di hamparan rumput luas yang lapang serta di sekelilingi perairan dan turwelu ukurannya lebih besar dari kelinci.

10. TODAK
mirror.co.uk
Todak yang sudah lama di temukan di perairan samudera altantik, pasifik dan hindia ini merupakan ikan laut yang cukup besar dengan panjang 2-5 meter dan berat badan bisa mencapai sekitar 650kg.
Ciri-ciri fisiknya berkulit licin tak mempunyai sisik, warna punggungnya berwarna ungu ke biru-biruan dan bagian perutnya berwarna perak sehingga ikan ini tetap di ketahui keberadannya walaupun dari jarak jauh.
Yang menjadikan todak ini unik adalah salah satunya memiliki mulut yang panjang dan runcing, inilah senjata utama todak dalam melindungi diri dari serangan hewan buas di lautan.
Berkat bentuk mulutnya yang runcing todak memiliki nama dalam bahasa inggris swordfish atau ikan pedang, para penyelam harus berhati-hati dengan ikan yang satu ini.

Nah itulah guys tentang 10 nama hewan unik yang ada di indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel