Vainglory vs Mobile Legends mana yang terbaik menurutmu ?


Dunia game MOBA di kejutkan dengan kemunculan game yang bernama Mobile Legend Bang Bang, karena sejak awal perilisannya yaitu pada pertengahan tahun 2016 Mobile legend berhasil menyedot perhatian jutaan gamers di seluruh dunia.
bahkan pernah di juluki sebagai game DOTA android.
bahkan seorang gamers yang sebelumnya kurang menyukai game bergenre MOBA saja bisa sampai ikut bermain seperti saya contohnya.
sejak awal kemunculannya di playstore hingga kini mobile legend telah berhasil di unduh sebanyak 10 juta lebih gamers yang tersebar di seluruh dunia termasuk yang terbanyak di indonesia.

Sebelumnya ada game MOBA yang lebih dulu tenar di versi smartphone yaitu Vain Glory, berbeda dengan Mobile legend yang sejak awal sudah langsung banyak memperoleh banyak unduhan, Vain glory lebih sedikit bahkan sampai sekarang total unduhan di playstore hanya setengah dari total unduhan mobile legend yaitu 5 juta.
padahal Vain Glory lebih dahulu rilis yaitu saat akhir tahun 2014, lebih tua 2 tahun dari mobile legend.

Developer Mobile Legend adalah Moonton yang berpusat di Shanghai China sedangkan developer Vainglory yaitu Super Evil Megacorp berasal dari California Amerika Serikat.
Lalu apa saja kah kelebihan dan kekurangan dari kedua game tersebut ?
anda akan mengetahui nya sekarang karena kali ini saya akan membahas perbandingan antara Mobile Legend dan Vain glory.

vainglory vs mobile legends

1. Size Game

Mobile Legends memiliki size game yang lebih kecil ketimbang Vainglory, Mobile legend totalnya hanya kurang dari 1 Gb sekarang berkisar 400 Mb dengan gabungan ukuran Game+Data Obb tapi mungkin juga akan naik nantinya.

Sedangkan untuk total ukuran dari Vainglory sekitar 1.2 GB, dan proses instalnya pun cukup lama di bandingkan dengan mobile legend yang hanya membutuhkan beberapa menit.
Tentunya ini bisa menjadi pertimbangan untuk anda dalam memilih game MOBA antara Mobile Legends dan Vainglory, karena tidak semua orang memiliki kuota yang cukup serta spek sartphone yang tinggi.
2. Grafik

Anda semua mungkin sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa mana di antara Mobile legend dan Vain glory yang memiliki grafik lebih baik, sudah pasti dilihat dari ukuran game nya saja kita bisa tahu bahwa Vain glory lah yang memiliki grafik yang lebih baik dari Mobile legend.
dengan grafik yang telihat nyata akan memanjakan mata seorang player, apalagi banyak juga gamers yang lebih dahulu menilai game dari segi grafiknya.
karena grafik yang cukup bagus juga menjadikan player nyaman memainkan game, apalagi saat efek skillnya terlihat nyata.

namun ini menjadi pilihan yang cukup sulit, pasalnya meskipun Mobile legend kalah grafik, tetapi memiliki efek skill yang keren dari hero-heronya.

3. Kontrol


Kedua game ini memiliki perbedaan yang sangat jauh dari segi kontrolnya, karena Mobile legend memiliki kontrol yang terbilang mudah bagi seorang gamers MOBA pemula yaitu menggunakan virtual pad control, sedangkan berbeda dengan Vain glory yang memiliki kontrol touch screen sama halnya dengan DOTA yang merupakan game MOBA versi PC/Komputer.

Namun mengenai kontrol game ini semua penilaianya tergantung anda sendiri, karena menurut sepengetahuan saya ada gamers yang lebih nyaman memainkan gama MOBA dengan kontrol touch screen dan ada juga yang lebih nyaman dengan kontrol virtual pad termasuk saya.
saya pernah beberapa kali mencoba memainkan game MOBA dengan kontrol touch screen, saya malah sulit mengontrol karena terkadang serangannya menjadi tidak akurat.

Apalagi yang memiliki ukuran layar smartpone yang kecil ini menjadi sangat sulit, tetapi kalau menggunakan tablet mungkin kesulitan mengontrol akan terasa lebih mudah.

Mau TOP UP Diamond mobile legends ?



4. Jumlah Player dan Lane

Menurut saya game mobile legend lebih seru ketimbang Vain glory, karena keduanya memiki perbedaan jumlah pemain.
Mobile legend memiliki jumlah 10 pemai yang terbagi menjadi 2, 1 team berjumlah 5 orang ( 5 vs 5 ) dan sedangkan Untuk Vain glory hanya berjumlah 6 orang dalam pertempuran yang terbagi menjadi 2 team masing-masing team berjumlah 3 orang ( 3 vs 3 ).

ini tentu berdampak dengan penilaian seorang gamers apakah Mobile legend lebih seru ataukah Vain glory yang seru meskipun jumlah pemain dalam arenanya sedikit namun grafiknya cukup bagus dari Mobile legend.

sedangkan dari segi jalur pertempuran atau Lane,Mobile legend memiliki 3 Lane/jalur pertempuran Sedangkan Vain glory hanya memiliki 1 jalur pertempuran yang lebar. 
dari sini saja kita sudah bisa menilai mana yang lebih baik antara Mobile legend dan Vain glory karena menurut saya semakin banyak jumlah player dan Lane maka akan seru pula permainannya. 

Tetapi saya mendapatkan info terbaru dari official Vain glory konon akan ada project baru yaitu penambahan jumlah pemain menjadi sama dengan mobile legend dengan pertarungan 5 vs 5, kita lihat saja nanti bagaimana perkembangannya

5. Komunikasi / Chat atau Voice Chat

Inilah keunggulan mobile legend karena adanya fitur chat atau voice chat ( pesan suara ) untuk berkomunikasi antar pemain saat di arena pertempuran, jadi ini sangat memudahkan team untuk memenangkan pertempuran.
Berbeda dengan Vain glory yang hanya mengandalkan tanda atau simbol saja untuk saling berkomunikasi antar player, ini terkadang menyulitkan team karena di butuhkan kepekaan yang baik.
6. Keseimbangan Gameplay

Salah satu fitur dari Mobile Legends adalah player bisa mengupgrade emblem atau item yang di milikinya.
Item itulah yang akan menambah kualitas atau skill dari hero yang di gunakan, seperti akan bertambahnha Magic power, HP, Speed Attack, dan lain-lain.
namun beberapa item atau emblem bisa player gunakan saat level sudah naik, karena memang beberapa item agar bisa terbuka kemudian di gunakan harus terlebih dahulu mencapai level yang sesuai.
dalam hal mendapatkan item seorang player bisa melakukan beberapa cara lain seperti membeli item atau hero dengan menggunakan uang ataupun dengan menyelesaikan tugas atau event yang tersedia.
kalau saya sendiri lebih banyak membeli new hero/item dengan gold.
Berbeda dengan Vainglory yang item/emblemnya sudah 1 paket dengan kemampuan pada heronya, jadi jika hero A memiliki skill sekian maka tidak bisa di tambah kekuatanya,namun hanya bisa di rubah skin hero ( penampilan ) dan efek skill nya saja.
jadi bagi seorang player Vain glory harus lebih teliti dalam hal membeli hero karena jika sudah di beli tidak bisa di tambah skill nya, jadi pilihlah hero yang memang sudah bagus skillnya seperti attack speed, HP dan lain-lain.


Baca juga inilah kelebihan dan kekurangan mobile legends bang bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel