inilah manfaat mengkonsumsi wortel untuk kesehatan anda

khasiat wortel  jus wortel  kandungan wortel  khasiat jus wortel

Ketika kita mendengar kata wortel pastilah yang ada di benak kita sayur sop yang sangat lezat, yap salah satu bahan favorit bagi semua orang terutama indonesia untuk memasak ini ternyata memiliki banyak khasiat.
Sayuran bernama latin Daucus carota ini sangat mudah kita jumpai di hampir seluruh daerah di indonesia, karena sangat banyak sekali yang membudidayakannya untuk berbagai keperluan seperti memasak.
Nah lalu selain untuk bahan masakan sebenarnya apa saja sih tentang manfaat dari wortel ini, simak baik-baik yah.

Tidak banyak di ketahui banyak orang ternyata wortel mengandung karbohidrat yang sangat padat, itulah sebabnya meskipun kita memakan hanya wortelnya saja kita sudah merasa cukup kenyang.
Bukan hanya bisa di konsumsi oleh manusia saja, biasanya wortel di konsumsi oleh binatang peliharaan khususnya kelinci.
kelinci sangat menyukai wortel karena rasannya yang manis dan gurih, bukan hanya bagian dagingnya saja biasanya juga wortel bisa di konsumsi di bagian umbi atau akarnya.
Selain memiliki karbohidrat yang banyak, ternyata manfaat lain dari wortel adalah sangat baik bagi kesehatan rambut dan kulit tubuh anda, wortel memiliki kandungan zat didalamnya seperti kalori, lemak, hidrat arang, fosfor, kalsium, beta karoten, zat besi, vitamin B1 dan Vitamin C.
Semua zat tersebut dapat membantu menyehatkan tubuh anda dari serangan penyakit, jadi itulah alasannya kenapa para dokter merekomendasikan kita agar sering mengkonsumsi wortel apalagi untuk anak-anak.
Selain langsung menjadi bahan masakan seperti sayur sop biasanya orang mengkonsumsinya dengan cara di jus, di olah dengan cara apapun wortel tetap terasa nikmat.
Nah inilah manfaat wortel bagi kesehatan secara lengkapnya.

1.) Baik untuk Mata

mungkin sudah banyak orang-orang mengetahui tentang manfaat utama dari wortel, benar sekali wortel sangat baik bagi kesehatan mata anda karena wortel memiliki kandungan zat seperti Vitamin A, senyawa beta karoten dan zat yang lebih penting untuk mata anda adalah adanya kandungan zat lutein yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kinerja mata seperti membuat pengelihatan anda tajam dan senyawa tersebut mampu mencegah terjadinya penyakit yang bernama glukoma dan mata rabun senja yang semua itu bisa melindungi mata anda

2.) Memperkuat Sistem Imun/kekebalan tubuh

Bagi anda yang memiliki sistem imun yang rendah atau memiliki kekebalan tubuh yang lemah, jangan khawatir karena dengan mengkonsumsi wortel anda bisa semakin kebal terhadap penyakit ataupun cuaca ekstrim. Perlu anda ketahui saya termasuk orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah seperti jika saya kehujanan pastilah saya cepat demam dan mudah terserang penyakit, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah sangatlah mengkhawatirkan karena sangat mudah terserang penyakit dan apabila sudah sakit akan sedikit sulit untuk kembali fit.
Lantas mengapa wortel bisa meningkatkan sistem imun ? karena wortel memiliki kandungan anti-oksidan beserta vitamin c yang keduanya memiliki khasiat ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa membentengi diri dari serangan penyakit di lingkungan sekitar.

3.) Baik Untuk Pencernaan

Anda sering merasa sulit buang air besar ? jika iya mulailah sekarang mengkonsumsi wortel karena wortel memiliki kandungan serat larut yang berfungsi untuk memperbaiki organ pencernaan anda Dan cobalah sering meminum jus wortel saat di pagi hari saat ingin memulai aktivitas anda karena wortel bisa merangsang produksi cairan di dalam tubuh anda.

4.) Membuat Kulit Wajah Bercahaya

Wanita pastilah tertarik dengan manfaat wortel yang satu ini, pasalnya selain manfaat yang saya jelaskan di atas ternyata wortel berkhasiat mampu menyehatkan kulit wajah maupun tubuh anda.
Dengan mengkonsumsi wortel kulit wajah anda akan terlihat bercahaya dan segar, karena wortel mampu mendorong racun sampai keluar ke dinding pori-pori.
Jadi bagi kalian para wanita kalian bisa memanfaatkan khasiat wortel ini bisa di gunakan sebagai masker wortel, atau sebelum melakukan olahraga karena saat olahraga keringat akan keluar di seluruh tubuh anda dan otomatis racun yang berada di dinding pori-pori cepat keluar.

5.) Mencegah Timbulnya Jerawat

Selain mampu mampu menyehatkan kulit tubuh, ternyata wortel bisa mencegah atau menghilangkan jerawat, mengkonsumsi wortel sangat cocok bagi anda yang sedang dalam masa pubertas karena biasanya di masa pubertas remaja akan memiliki beberapa jerawat di bagian wajah.
Nah tentu hal itu sangat menggangu bukan ? maka sekarang mulailah mengkonsumsi rutin wortel setiap hari.
Lalu mengapa wortel bisa mencegah dan menghilangkan jerawat ? karena wortel mampu mempertahankan Ph normal di dalam kulit wajah anda karena adanya kandungan anti-oksidan sehingga dengan kandungan tersebut bisa membuat anda terlihat awet muda.

6.) Mengurangi Rambut Rontok

Penampilan yang paling sering di perhatikan selain wajah adalah rambut, yap rambut adalah mahkota bagi setiap orang yang bisa membuat penampilan terlihat menarik.
Namun banyak orang yang berani mengeluarkan biaya untuk perawatan agar rambut terlihat segar, padahal ada cara lain agar rambut tetap terawat seperti rajin mengkonsumsi wortel setiap hari.
Mengapa saya rekomendasikan demikian? Karena wortel memiliki kandungan batekteron serta vitamin A yang semua zat tersebut mampu membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat bahkan sampai ke akar. Bukan hanya kandungan yang saya sebutkan diatas, wortel juga memiliki kandungan vitamin esensial yang memiliki khasiat meningkatkan sirkulasi darah di bagian kulit kepala sehingga mengurangi perontokan rambut.

7.) Mencegah Penuaan Dini

Sangat banyak manfaat wortel bagi kecantikan, tidak cukup penjelasan saya diatas ternyata dengan mengkonsumsi wortel anda juga bisa terlihat awet muda.
Karena wortel akan membuat kulit anda halus,segar,bercahaya dan manfaat lain wortel memiliki kandungan yang bermanfaat mencegah kulit mengeriput dan mengkonsumsi wortel setiap hari dapat mengencangkan kulit sehingga garis-garis pada kulit semakin tersamarkan.

8.) Menjaga Kesehatan Jantung

bukan hanya bermanfaat bagi anak-anak, wortel juga bermanfaat bagi orang tua yang memiliki penyakit jantung.
Dengan mengkonsumsi jus wortel jantung anda akan semakin membaik, karena di dalam wortel memiliki kandungan zat vitamin A, kalsium, fosfor, beta karoten, dan nutrisi lainnya dan semua itu menurut penelitian di percaya mampu melindungi terhadap beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kanker ataupun mempu menurunkan tekanan darah.
So, sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi wortel bagi orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan seperti yang saya sebutkan diatas.

9.) Menurunkan Kolesterol

Angka kematian di dunia selain penyakit jantung ialah kolesterol yang tinggi, karena butuh perawatan yang sangat baik dan berhati-hati apalagi soal mengkonsumsi makanan.
namun anda jangan khawatir semua itu bisa di kurangi dengan cara mengkonsumsi wortel secara teratur, hal ini di percaya karena telah adanya penelitian di sebuah universitas bernama harvard university bahwa seseorang sebuah wortel ketika di konsumsi oleh seseorang maka akan menurunkan timbulnya resiko kolesterol yang tinggi.
Hal ini di ketahui bahwa wortel memiliki kalori dan lemak yang sangat rendah dan semua itu dapat menurunkan kadar kolesterol yang kemungkinan menghambat lemak dalam darah.

10.) Melawan Radikal Bebas

Seperti yang saya singgung di atas bahwa wortel memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi, dan zat tersebut mempu melawan radikal bebas yang tentu bisa saja merusak organ tubuh dari dalam. Nah dengan banyak mengkonsumsi wortel setiap hari, hal seperti itu bisa di minimalisir dengan baik.

11.) Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Bukan hanya melakukan penelitian seperti yang saya jelaskan sebelumnya, harvard university menemukan fakta bahwa mengkonsumsi makanan apa saja yang memiliki kandungan betakaroten yang cukup maka bisa mengurangi atau mencegah resiko terjadinya kanker payudara.
Jadi bagi wanita jika ingin memiliki payudara yang sehat alami, bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki zat betakaroten yang cukup dan anda bisa mengkonsumsi wortel yang sangat mudah di dapatkan.

Masih banyak sekali sebeulnya tentang manfaat mengkonsumsi wortel, yang terpenting adalah anda bisa mengkonsumsi wortel dengan cara di olah menjadi jus, dimakan mentah langsung, atau di campurnya dengan bahan masakan lainnya seperti di olah menjadi sayur sop.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel