fakta-fakta tentang nyamuk



1. hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah

nyamuk betina

Tahukah kalian bahwa hanya nyamuk berjenis betina saja yang menyerap darah ? mengapa hanya betina yang mengkonsumsi darah ? karena nyamuk betina sangat membutuhkan darah untuk keperluan sel-sel telurnya, dan dengan darah itulah yang bisa membantu telur agar mengembang.
Jika nyamuk betina tidak menemukan darah untuk di hisap, maka kemungkinan telur-teurnya akan mati dan mungkin saja betina itu akan mati.
Jadi jika anda telah digigit nyamuk, berarti anda telah membantu betina itu untuk berkembang biak. Darah anda mengandung protein yang sangat membantu pengembangan telur nyamuk, sementara untuk nyamuk jantan tidak membutuhkan darah anda karena nyamuk jantan sudah mendapatkan nutrisi dari nektar yang terdapat pada saripati tanaman, seperti lebah madu.
Namun nyamuk betina menghisap darah manusia hanya pada saat mereka sedang bertelur saja, jika sedang tidak bertelur maka mereka seperti nyamuk jantan mencari saripati tanaman.


2. Nyamuk menyukai tubuh yang berkeringat

http://meetdoctor.com

anda berkeringat ? berarti anda jadi sasaran empuk bagi para nyamuk, nyamuk sangat menyukai tubuh yang berkeringat karena nyamuk sangat tertarik dengan karbondioksida.
Ketika tubuh anda berkeringat, maka tubuh anda akan mengeluarkan karbondioksida. Sebenarnya nyamuk tidak terlalu menyukai aroma darah dalam tubuh anda.
Pengalaman ini pernah saya alami juga, saat itu sehabis futsal saya duduk istirahat sebentar dan tiba-tiba ada segerombol nyamuk yang menyerang dengan berontak.
Menurut peneltian nyamuk itu mempunyai gangguan pengelihatan, agar bisa menghisap darah nyamuk harus menggunakan sensor infra merahnya dan mencium karbondioksida (CO2) yang ada pada tubu. Nyamuk akan mengetahui sasarannya dari jarak yang cukup jauh yakni 35 meter, setelah mengetahui bahwa di sekitarnya ada karbondioksida nyamuk langsung bermanuver dengan zig-zag.
Ketika sedang terbang menuju mengsa, bulu nyamuk akan memberikan sinyal untuk menemukan sumber karbondioksida setalah menemukan titik sasaran, sinyal lain akan berfungsi untuk mendeteksi aroma lain seperti bau tubuh mangsa yang mengandung juga asam laktat,suhu tubuh yang panas dan tentu keringan.

3. Nyamuk ternyata menyukai bir
Bir ? anda pasti berfikir bahwa nyamuk sering mabuk, tidak demikian. Seseorang yang sedang meminum bir dan ketika air itu sudah berada di dalam tubuhnya maka secara otomatis ada perubahan senyawa kimia tertentu di dalam tubuh sehingga dengan itu dapat menarik perhatian nyamuk untuk menjadikan mangsa.
jadi jika anda tidak ingin digigit banyak nyamuk, berhentilah meminum bir.

4. Nyamuk menyukai kaki yang bau

liputan6.com
 Mungkin sedikit aneh bagi kalian mengapa si nyamuk sangat menyukai bau kaki, padahal mungkin dari kalian sangat benci jika berdekatan dengan orang yang bau kaki atau kaus kaki.
Fakta nyamuk tersebut sudah di buktikan bagi para ilmuan untuk membuktikan bahwa nyamuk lebih suka dengan orang yang kakinya bau. Kaki yang mengeluarkan bau yang kurang sedap akibat keringat atau jarang memakai kaos kaki akibatnya kaki menjadi kotor, cara agar kaki anda tidak di serang nyamuk adalah jaga kebersihan kaki anda dan sering di cuci dengan air hangat dan sabun.

5. jangan berdiri di pinggir


weddingkumagazine-wordpress.com

 Pernahkah kalian berkumpul dengan teman-teman dan posisi kalian ada di pinggir ? maka cobalah sedikit masuk ke kerumunan agar nyamuk susah menjangkau anda, karena jika anda di pinggir maka nyamuk akan sangat mudah mendeteksi karbondioksida dalam tubuh anda.

6. nyamuk tidak suka dengan tanaman yang terawat

kesekolah.com
 Dirumah kalian banyak di tumbuhi tanaman ? atau kalian memelihara tanaman di rumah ? maka anda harus merawatnya dengan benar, karena jika tidak nyamuk akan bersarang disana dan berkembang biak dengan sangat cepat. Bukan hanya tanamannya saja, anda harus menguras bersih jika anda kubangan air yang kotor di sekitar tanaman karena air yang kotor biasanya menjadi tempat terbaik bagi jentik-jentik nyamuk yang akan berkembang.
7. jangan gunakan alat pemancing nyamuk
Mungkin sebagian dari anda mempunyai alat yang terpasang di sudut rumah, dan tujuan anda agar si nyamuk dapat pergi jauh dari rumah.
Alat pengusir nyamuk biasanya mengeluarkan gas karbondioksida kemudian jika karbondioksida ini bekerja maka secara otomatis para nyamuk mendekat dan ketika mendekat barulah alat itu menjebak nyamuk dengan perangkapnya.
Sebetulnya cukup membantu untuk membunuh nyamuk, namun resiko lain  akan anda rasakan karena para nyamuk pun akan berkerumun di rumah anda dengan jumlah yang tidak sedikit.

8 nyamuk tertarik dengan wanita hamil

www.ibudanbalita.com

Sedikit aneh mengapa nyamuk sangat menyukai wanita hamil, ini menjadi masuk akal karena seorang wanita hamil maka badannya akan berkembang dan dengan badan yang besar otomatis pengeluaran karbondioksida semakin banyak. Bukan hanya ibu hamilnya saja yang patut di khawatirkan melainkan si buah hati juga wajib di perhatikan karena bayi pun ikut menyumbangkan emisi dari dalam perut ibunya.
Nah jika anda sedang hamil atau dirumah anda sedang ada orang hamil, maka bersihkan rumah dan gunakan sesuatu agar nyamuk tidak singgah di rumah anda karena mungkin saja akan berakibat fatal bagi kesehatan.

Sedikit pengetahuan tambahan dari saya tentang manfaat dari nyamuk, sebagai manusia kita sepatutnya bersyukur dengan segala jenis mahluk hidup yang diciptakan tuhan.
Karena seekor nyamuk saja dapat menyeimbangkan siklus kehidupan di muka bumi ini, yah mungkin terkadang beberapa orang yang sangat benci dengan nyamuk karena sering mendatangkan penyakit.
Namun coba kita bayangkan jika tidak ada lagi nyamuk di bumi ini, mungkin para hewan akan mati karena kelaparan. Berapa tumbuhan akan musnah karena kurangnya dukungan dari nyamuk untuk melakukan penyerbukan. Tanaman sangat membutuhkan nyamuk, karena nyamuk salah satu hewan polinator sama halnya dengan binatang lain sebagai penyebar biji-bijian. Dan semua itu mungkin akan berdampak terhadap manusia.
sebuah perusahaan di california ciptakan bakteri untuk kurangi populasi nyamuk pembawa penyakit zika dan demam berdarah
Jadi agar anda tidak terserang penyakit maka jagalah kebersihan lingkungan, rawat bak mandi anda dan buang prabotan yang sudah tidak perlu dengan cara mengubur sehingga nyamuk aedes tidak ada di rumah anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel